Pemanfaatan Teknologi Zaman Now

Teknologi merupakan sarana yang dapat digunakan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Oleh karena itu banyak hal yang sekarang menggunakan fasilitas teknologi untuk memudahkan seseorang beraktifitas. Teknologi dapat membantu hampir semua bidang misalnya pendidikan. Ngomong – ngomong soal pendidikan banyak perubahan yang ada, misalnya cara belajar.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang perbandingan dan pemanfaatan teknologi dan cara belajar. Cara belajar sekarang sudah banyak mengalami perubahan. Adanya teknologi adalah hala yang sangat memengaruhi hal ini, karena banyaknya kemudahan yang diberikan misalnya sekarang adanya fasilitas E-Learning. E-Learning adalah system pembelajarang yang dapt digunakan secara mudah yaitu melaui media elektronik seperti komputer dan lainnya. Adapun keuntungan menggunakan E-Learning contohnya :

Salah satu contoh penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. Pendidikan yang berbasis Teknologi Informasi memberikan banyak manfaat, antara lain:

– Tidak lagi tergantung pada ruang dan waktu. Artinya tidak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar lintas daerah, bahkan lintas negara misalnya melalui e-learning.

– Dengan adanya e-learning, pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam ruang kelas pada waktu bersamaan.

– Tidak memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakarnya di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime.

– Sekolah-sekolah dapat dengan mudah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan.  Sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan.

– Ketersediaan informasi yang melimpah dari sumber-sumber di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet sebagai media pembelajaran akan didapatkan sumber informasi untuk pengayaan materi yang jumlahnya sangat tak terbatas. (Sumber : https://staff.blog.ui.ac.id )

Mungkin dibandingkan dengan dulu, fasilitas belajar yang masih minim menyebabkan terbatasnya sumber informasi yang ada. Penggunaan buku sekarang sangat jarang, terutama pada pelajar karena pengunaan Gadget yang lebih mudah dalam pencarian sumber informasi. Gerakan yang dilakukan pemerintah yaitu literasi mungkin dapat menumbuhkan ketertarikan untuk membaca. Indonesia termasuk urtan ke-60 di dunia untuk minat bacanya, karena di Indonesia sangat jarang orang memiliki minat membaca. Mungkin di pendidikan harus adanya masuk teknologi untuk menumbuhkan minat baca pelajar.

Mungkin sekian untuk artikel kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian, akhir kata saya ucapkan terima kasih. :)